fbpx

5 Cara Menghadapi Ipar yang Selalu Ikut Campur dan Menyebalkan

Cara Menghadapi Ipar

Jangan Musuhan, Ini Cara Menghadapi Ipar yang Selalu Ikut Campur

Ketika memutuskan untuk menikah, itu artinya Anda siap dengan segala konsekuensinya. Salah satu masalah yang harus dihadapi adalah kehadiran saudara ipar. Ketika hubungan tersebut terjalin dengan baik, tentu tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

Namun, apa jadinya jika memiliki ipar yang terlalu usil dengan urusan orang lain. Siapapun orangnya pasti bingung bagaimana cara menghadapi ipar yang selalu ikut campur terhadap semua urusan rumah tangga saudaranya.

Wajar jika Anda merasa kesal, jengkel, dan marah dengan kondisi tersebut. Demi menjaga perasaan pasangan, tentu tidak mungkin jika harus bertengkar dengan ipar sendiri. Untuk menghindari hal tersebut, terapkan kiat-kiat berikut ini agar sikap ipar yang demikian bisa berubah.

  1. Lakukan Pendekatan

Kiat pertama menghadapi sikap ipar yang suka ikut campur adalah dengan melakukan pendekatan secara pribadi. Usahakan tetap menjalin silaturahmi dan bersikaplah seolah tidak merasa terganggu. Lambat laun, mereka akan segan dan berubah menjadi lebih menghargai privasi Anda.

  1. Anggap Saudara Sendiri

Kiat berikutnya ketika memiliki ipar yang terlalu ikut campur adalah dengan menganggapnya sebagai saudara kandung sendiri. Anggaplah sikap yang mereka tunjukkan merupakan wujud dari perhatian mereka. Dengan demikian, Anda akan merasa lebih akrab dan menyayangi mereka seperti keluarga sendiri.

BACA JUGA: Inilah Doa Memakai Bedak Agar Terlihat Cantik dan Menarik

  1. Diskusi dengan Suami secara Baik-baik

Jika masih merasa terganggu, diskusikan sikap ipar Anda dengan pasangan. Namun, saat berdiskusi jangan sampai terbawa emosi. Sebaliknya, bicarakan secara baik-baik dan dalam kondisi santai. Utarakan apa yang menjadi harapan Anda bahwa apa yang terjadi merupakan urusan Anda berdua. Selain itu, sampaikan pula bahwa sudah sepatutnya semua urusan rumah tangga diselesaikan oleh Anda berdua tanpa ada campur tangan dari pihak manapun.

  1. Saring Semua Masukan dan Kritik dari Ipar

Setiap ucapan, baik itu saran dan kritik dari saudara ipar jangan langsung ditolak mentah-mentah. Adakalanya apa yang mereka sampaikan merupakan solusi terbaik bagi keluarga Anda. Untuk itu, saringlah secara efektif. Terapkan saran yang menurut Anda baik dan buang semua pendapat yang kurang bermanfaat. Percayalah bahwa Anda dan pasangan masih sanggup membuat keputusan yang tepat.

  1. Buktikan bahwa Anda Mampu

Kiat terakhir adalah pembuktian kepada saudara ipar dan keluarga besar bahwa Anda dan pasangan mampu menyelesaikan setiap masalah yang terjadi. Dengan pembuktian tersebut, pihak keluarga akhirnya akan percaya dengan kemampuan Anda dan sepenuhnya menyerahkan segala keputusan yang berhubungan dengan urusan rumah tangga di tangan Anda dan pasangan.

Dengan menerapkan kelima cara menghadapi ipar yang selalu ikut campur, kehidupan rumah tangga Anda akan aman dan tenteram. Tetap bersikap ramah dan menganggap ipar sebagai saudara kandung, menyaring semua saran yang disampaikan dan mendiskusikannya bersama pasangan secara baik-baik menjadikan hubungan kekeluargaan dengan saudara ipar tidak terganggu. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Hubungi Kami TELP/WA